everything goes.

Blogger templates

Wednesday, November 13, 2019

Anpanman

Anpanman


Halo halo halo! kembali lagi bersamaku di blog ini! Di posting ini, aku bakal ngebahas lagu BTS - Anpanman.

Untuk kamu yang suka sama kartun Jepang, pasti nggak asing sama Anpanman. Anpanman adalah lambang dari pahlawan keadilan, tetapi juga pahlawan terlemah di bumi, karena ia hanya mempunyai kemampuan untuk terbang, tanpa kekuatan khusus lainnya.



Anpanman akan mengorbankan bagian tubuhnya (kepala) yang terbuat dari kue Anpan (roti japan isi kacang merah) kepada orang yang kelaparan, kemudian akan ia perbaiki di toko roti.



Ya simpelnya, kekuatan Anpanman adalah mengorbankan dirinya untuk orang lain.

Bangtan sendiri ingin menjadi Anpanman. Mereka menyebut diri mereka sebagai "generasi baru anpanman". Mereça menyadari bahwa mereka lemah dan tidak punya apa-apa, terapi tetap ingin menjadi pahlawan seperti Anpanman.

"Aku tak punya otot,
Aku juga tak punya mobil super seperti batman,
Yang bisa kuberi hanyalah Anpan"
- part milik Hoseok -

"Aku bukan superhero,
Jangan berharap banyak dari diriku.
Tapi aku bisa jadi heromu,
Aku tak tau apakah ini masuk akal."
- part milik Yoongi -

Di bagian milik Yoongi, ada beberapa arti yang bisa diinterpretasikan, yaitu :
1. Yoongi merasa bahwa ia tidak bisa jadi pahlawan super, tetapi jauh di dalam, ia tetap ingin menjadi pahlawan.
2. Yoongi bilang ia bukan superhero, tetapi ia bisa menjadi hero yang nggak punya kekuatan super.

Mereka menyebut dirinya 'pahlawan', tetapi bukan 'pahlawan super', yang menandakan bahwa mereka bilang kalau mereka hanya manusia biasa yang nggak punya kekuatan super.

"Aku tetap ingin jadi pahlawanmu
Yang aku bisa berikan hanyalah Anpan,
Dan kalimat "kau telah bekerja keras"
Tetapi aku akan selalu ada setiap kau butuh"
- part milik Namjoon -

"Aku tanya bisa memberi Anpan" menandakan mereka menempatkan dirinya sebagai Anpanman, yang berkorban demi kebahagiaan orang lain. 

"Ketika aku buka mataku, aku adalah pahlawan di dalam sebuah labirin,
That young man young man young man
Terus terusan terluka diam-diam
Meskipun aku terluka, yang penting aku sudah jadi pahlawan, lupakan rasa takut"

Kata-kata "that young man" atau laki-laki muda itu menunjukkan bahwa sehebat apapun mereka, mereka tetap masih muda, yang punya rasa takut dan bahkan butuh pahlawan mereka sendiri.

"terluka diam-diam" dan "meskipun akan terluka, aka tetap pahlawan, lupakan rasa takut" adalah cara mereka menyatakan "itu sakit, kamu gatau itu sakit, tapi gapapa, demi kamu aku bakal ngelupain hal itu".

Di chorus juga mereka juga bilang kalau mereka kebal dengan semuanya, seperti yang mereka sebut "bulletproof".

"Keep ballin' ballin' still bangtan"

Bangtan adalah bulletproof atau anti peluru (buat yang munglin nagga tau).

Mereka bilang kalau cara mereka menolong orang-orang adalah lewat lagu. Generasi baru yang mereka maksud adalah mereka ingin membantu dalam masalah generasi baru seperti social issues melalui lagu-lagu mereka.

Bangtan pun takut dan mereka bisa saja gagal, tetapi mereka bakal tetap berusaha dan berusaha.

"Sejujurnya aku pun takut terjatuh dan mengecewakanmu,
Tapi meskipun harus kukuras seluruh tengaku
Meskipun aku akan terjatuh lagi,
Berbuat kesalahan lagi,
Dan aku akan tertutup lumpur,
Aku akan berusaha percaya pada diriku karena aku pahlawanmu."

Mereka gambarkan lirik-lirik yang sedih dalam lagu anpanman yang beatnya happy banget, yang bikin kalian nggak sadar sebenernya itu lagu sedih atau bukan.

Yang bikin sedih itu adalah konsep anpanman sendiri, yaitu pahlawan yang mengorbankan dirinya sendiri demi kebahagiaan orang lain. Dengan kata lain Bangtan pun juga 'sedikit' memberitahu bahwa sebenarnya mereka mengorbankan diri mereka untuk jadi pahlawan untuk pendengar musik-musik mereka, meskipun mereka cuma manusia biasa, yang bisa takut akan mengecewakan, gagal, dan jatuh.

Intinya, Bangtan ingin membantu kamu, kita, menjadi pahlawan 'terlemah' yang berharap dapat memberi sedikit kekuatan lewat musik-musik yang mereka buat, meskipun kadang tak berhasil, mereka tidak akan menyerah dan akan selalu ada.

That's the end of this post! Thank you for reading and have a nice day!💜💜💜
Share:

1 comment:

Powered by Blogger.

Search This Blog